Pages

    Latest Tweets

    tes

    Popular post

    ?max-results=10">Label 3'); document.write("?max-results="+numposts+"&orderby=published&alt=json-in-script&callback=showrecentposts\"><\/script>");

You are here: Home »

Sok Tau Tuhan





definisi Tuhan menurut Islam!
Sebutkan definisi Tuhan menurut Kristen! 
Sebutkan definisi Tuhan menurut Buddha! 
Sebutkan definisi Tuhan menurut Hindu! 
Sebutkan definisi Tuhan menurut Filsafat! 

Sebutkan definisi Tuhan menurut Aristoteles! 
Sebutkan definisi Tuhan menurut Augustinus! 
Sebutkan definisi Tuhan menurut Anselmus! 
Sebutkan definisi Tuhan menurut Thomas Aquinas! 

Sebutkan definisi Tuhan menurut Al Ghazali! 
Sebutkan definisi Tuhan menurut Ibnu Rusyd! 
Sebutkan definisi Tuhan menurut Ibnu Arabi! 
Sebutkan definisi Tuhan menurut Muhammad Iqbal! 
Dan 
Sebutkan definisi Tuhan menurut Erianto Anas! 

Saya hanya akan menjawab perintah terkahir, yaitu definisi Tuhan menurut Erianto Anas. Karena saya tidak bisa meminjam dan mengafal Tuhan menurut siapa saja. Saya akan menciptakan Tuhan buatan saya sendiri. Tapi bukan untuk saya sembah. Tapi untuk saya bunuh!

Apakah saya kejam? Harus!
Jika saya tidak kejam, maka sayalah yang akan dibunuh oleh Tuhan. Saya harus berkelahi dengan Tuhan. Karena saya sudah lama dikeroyok oleh satu truk definisi tentang Tuhan. 

Saya tertarik dengan Ibrahim yang mengira bulan dan matahari adalah Tuhan tapi akhirnya menolak bahwa itu bukanlah Tuhan 

Saya tertarik dengan pengalaman Musa yang pingsan di Bukit Sinai, yang tidak bisa melihat Tuhan karena sudah pingsan ketika Bukit Sinai runtuh.

Saya tertarik ketika Muhammad mengaku jujur bahwa dirinya tidak tahu menahu tentang Roh.

Saya tertarik dengan Nietzsche yang mengatakan bahwa pembicaraan tentang Tuhan hanya sia-sia. Karena Tuhan hanya konstruksi pikiran, sebuah postulat atau pengandaian yang dibangun oleh manusia itu sendiri. 

Dan akhirnya saya tertarik dengan pandangan Erianto Anas tentang Tuhan. 

Erianto Anas mengatakan bahwa Tuhan adalah batas kemampuan manusia. Setiap dia tidak sanggup memikirkan segala sesuatu maka dia katakan bahwa manusia terbatas dan Tuhanlah yang Maha Tahu segalanya. Inilah yang disebutnya bahwa dirinya sok tahu tentang Tuhan. Setelah mengaku bahwa dirinya terbatas, kok tiba-tiba dia jadi tahu bahwa Tuhan Maha Tahu? 

Erianto Anas mengatakan bahwa Tuhan adalah batas ketidakberdayaan manusia. Ketika dia tidak sanggup menolak bencana maka dia mengaku dirinya lemah tak berdaya. Hanya Tuhanlah yang Maha Kuasa akan segalanya. Dari mana Erianto Anas itu tahu bahwa Tuhan Maha Kuasa? Padahal tadinya dia mengaku dirinya lemah tak berdaya. Tapi kenapa tiba-tiba dia jadi mampu mengatakan bahwa Tuhan Maha Kuasa? Dari mana dia tahu?

Erianto Anas mengatakan bahwa Tuhan adalah batas (puncak/anti klimaks) kekaguman manusia akan Alam yang sangat sangat menggumkan. Di saat itu dia berguman tidak bisa memahami apalagi menguasai alam. Lalu dia berguman: “Pasti ada sesuatu yang menciptakan semua ini!” Kenapa dia merasa pasti bahwa ada yang menciptkan alam dengan segala isinya? Dari mana dia tahu bahwa ada yang menciptkan semua yang dilihatnya? Apakah dia tidak sedang mengkhayal?

Erianto Anas mengatakan Tuhan adalah sesuatu yang bergetar dalam hati. Ketika hatinya begitu tersentuh dan merasakan suatu Misteri yang selalu melingkupi dirinya, maka dia katakan ada Tuhan dalam hatinya. Atau paling kurang dia bisa merasakan kehadiran Tuhan dalam hatinya. Dari mana dia tahu bahwa yang dia rasakannya itu adalah Tuhan? Atau jejak Tuhan? Atau sapaan Tuhan? Pernahkah dia bertemu dengan Tuhan kemudian merasakan bahwa seperti itulah rasanya bila disentuh Tuhan? Apakah Erianto Anas tidak mengkhayal? Dengan segala perasaannya sendiri?

Dan masih banyak definisi lainnya yang dia bangun. Tapi sekaligus juga dia tolak. Semua tentang Tuhan itu ditulisnya dalam sebuah bukunya setebal 2 juta halaman, yang akan diluncurkannya pada hari kiamat. Itupun jika kiamat itu ada. Jika kiamat tidak pernah terjadi maka buku itu tidak akan pernah diterbitkannya. Tapi sampul buku itu sudah selesai sejak minggu lalu, yang ia beri judul:

Sok Tahu tentang Tuhan!




oleh: Erianto anas

About The Author

Adds a short author bio after every single post on your blog. Also, It's mainly a matter of keeping lists of possible information, and then figuring out what is relevant to a particular editor's needs.

Share This Article


Related Post

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Entri Populer